Info Travel

Cara Refund Tiket Kapal dengan Mudah di Touristix.id

1.Buka web touristix.id lalu klik pada button cek order

2. Ajukan Refund Melalui Tiket Anda

Untuk mengajukan refund, silakan masukkan email dan OrderID dan klik tombol Cek pesanan lalu klik tombol refund pada bagian bawah dari tiket Anda dan ikuti petunjuk pengajuan pada halaman tersebut.

3.Pilih Alasan Refund

Pilih Alasan kenapa Anda menginginkan Refund pada Keberangkatan Anda.

Masukkan data Nama Rekening, no Rekening dan pilih Bank yang anda gunakan.

4. Baca Syarat & Ketentuan Refund

Baca Syarat & Ketentuan Refund yang disediakan oleh touristix.id lalu ketuk setuju untuk melanjutkan permintaan Refund Anda.

5. Periksa dan Kirimkan

Periksa detail Refund Anda, pastikan semua informasi yang diberikan sudah benar lalu ketuk “Submit Refund”

Layanan Pelanggan

Pastikan data-data yang dibutuhkan lengkap dan akurat sehingga proses refund Anda bisa berjalan lancar. Untuk informasi lebih lanjut atau pun keluhan lainnya, hubungi Customer Care touristix.id di 0852 9278 9158.

Kebijakan Express Bahari

Pembatalan tiket sebelum keberangkatan akan dikenakan potongan 50% selain pembatalan/perubahan jadwal oleh Kapal dan setelah keberangkatan tiket dianggap hangus /atau tidak dapat lagi digunakan.

Kebijakan Touristix.id

Alasan dan Proses Pengajuan Refund

  1. Anda dapat mengajukan refund melalui aplikasi Touristix.id untuk perubahan rencana, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/perubahan jadwal oleh Kapal, force majeure (bencana alam), atau pemesanan ganda.
  2. Pemesan atau penumpang yang dapat mengajukan refund melalui Touristix.id adalah yang sudah terdaftar dan melakukan pemesanan tiket Kapal sebagai customer yang telah mendaftarkan email dan login di Touristix.id
  3. Pengajuan refund yang telah diterima Touristix.id akan diteruskan kepada pihak Kapal yang menentukan besaran dana refund yang akan diterima oleh customer.
  4. Refund untuk tiket pesawat harus diajukan dalam masa validitas tiket sesuai kebijakan setiap Kapal. Jika masa validitas tiket sudah lewat, Anda sudah tidak bisa lagi mengajukan refund. Selain itu, refund juga tidak dapat berlaku jika Anda sudah melakukan check in di Loket.
  5. Proses pencairan refund untuk tiket Kapal dapat memakan waktu hingga 30 hari untuk bank transfer, terhitung sejak tanggal pengajuan refund. Metode pencairan refund ini sesuai dengan Bank yang anda berikan.
  6. Pengajuan refund tidak dapat dibatalkan dengan alasan apa pun.
  7. Pengajuan refund harus dilakukan oleh pemesan atau penumpang (jika pemesan atau penumpang memiliki kuasa hukum yang sah) dan pemilik rekening penerima dana refund adalah atas nama pemesan atau salah satu penumpang. Jika penumpang tidak memiliki kuasa hukum atau berusia di bawah 18 tahun, pengajuan refund dapat dilakukan oleh perwakilan yang sah.
  8. touristix.id berhak meminta dokumen pendukung atau informasi tambahan lainnya, yang dibutuhkan untuk proses persetujuan refund.
  9. Keterlambatan pencairan dana dan perbedaan nominal refund dapat disebabkan oleh ketidaklengkapan dokumen dan informasi yang dibutuhkan saat proses pengajuan.
  10. Alasan refund yang diajukan oleh customer akan membutuhkan konfirmasi dari pihak Kapal. Status sementara akan ditampilkan hingga mendapatkan konfirmasi tersebut.

Jumlah dan Biaya Refund

  • Jumlah dana refund yang Anda terima tergantung kebijakan pihak kapal, dan belum termasuk potongan dari kupon, tax.
  • Setiap pengajuan refund akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per penumpang per rute, selain biaya pembatalan dari kapal. Jika transaksi yang direfund menggunakan promo, potongan harga promo akan ditarik kembali dari total dana yang dikembalikan pihak kapal. Selain itu, biaya lainnya dari pihak kapal dan transfer bank juga mungkin berlaku.

Pengembalian Dana Refund

  • Refund dengan metode transfer bank hanya dapat dilakukan melalui rekening bank pemesan atau rekening bank salah satu penumpang. Selain itu, tim touristix.id dapat meminta Surat Kuasa yang ditandatangani oleh salah satu penumpang, serta salinan kartu identitas pemegang rekening bank.
  • Pembayaran dengan kartu kredit tidak dapat di-refund dalam bentuk uang tunai. Refund akan dikembalikan ke limit kartu kredit yang digunakan pada saat pembayaran, dan mengacu pada syarat dan ketentuan bank penerbit kartu kredit.
Team Touristix.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *